Gambir dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan

GambirBagi masyarakat di Jakarta, Gambir lebih dikenal sebagai salah satu nama Stasiun Kereta. Namun banyak juga masayarakat yang belum mengetahui bahwa Gambir adalah sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan bernama sama (Uncaria gambir Roxb.) yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Di Indonesia gambir pada umumnya digunakan untuk menyirih. Gambir adalah ekstrak air panas dari daun dan ranting tanaman gambir yang disedimentasikan dan kemudian dicetak dan dikeringkan. Hampir 95% produksi dibuat menjadi produk ini, yang dinamakan betel bite atau plan masala. Bentuk cetakan biasanya silinder, menyerupai gula merah. Warnanya coklat kehitaman. Gambir (dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai gambier) biasanya dikirim dalam kemasan 50kg. Bentuk lainnya adalah bubuk atau “biskuit”. Di Indonesia, daerah penghasil utama Gambir adalah Sumatera bagian tengah dan selatan.

Posisi tawar gambir di Indonesia masih rendah jika dibandingkan harga di Internasional, karena masih mengandalkan pasar perantara yaitu India. Rendahnya posisi tawar disebabkan antara lain rendahnya mutu hasil, kwantitas permintaan ekpor belum terpenuhi, perencanaan bisnis belum aktif, keterbatasan pengetahuan petani akan pasar dan permintaan Ekpor. Untuk meningkatkan daya saing pasar perlu dilaksanakan peningkatan penanganan mutu produk primer sedangkan untuk peningkatan mutu produk akhir perlu meningkatkan kwalitas bahan baku industri pengolahan, pengembangan proses pengolahan, proses pengolahan secara higiehis dan meningkatkan mutu produk akhir. Saat ini harga jualnya di tingkat petani per kg berkisar IDR5.000 hingga IDR20.000; sedangkan di pasaran ekspor harganya berkisar dari USD1,46 hingga USD2,91.

Gambir dibudidayakan pada lahan di ketinggian 200-800 meter di atas permukaan laut. Mulai dari topografi agak datar sampai di lereng bukit. Biasanya ditanam sebagai tanaman perkebunan di pekarangan atau kebun di pinggir hutan. Gambir merupakan komoditas ekspor dari sub-sektor perkebunan yang masih dikelola secara tradisional. Namun sebenarnya peluang bisnis Gambir terbuka sangat besar karena manfaat Gambir sangat banyak. Mulai dari kesehatan, kecantikan dan kosmetik hingga sebagai bahan baku industry seperti pewarna tekstil, biopestisida dan pengawet. Fungsi yang tengah dikembangkan juga adalah sebagai perekat kayu lapis atau papan partikel. Produk ini masih harus bersaing dengan sumber perekat kayu lain, seperti kulit kayu Acacia . Pangsa pasar Gambir Indonesia sendiri antara lain adalah Singapura, India, Pakistan, Bangladesh, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, dan beberapa Negara Eropa.

Manfaat dan Khasiat

Apa sebenarnya manfaat dan khasiat Gambir? Gambir yang sebenarnya merupakan ekstrak daun dan ranting tanaman Gambir memiliki khasiat yang sangat banyak. Gambir memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan dengan kandungan kimia utama katekin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, kegunaan utamanya adalah sebagai komponen menyirih yang sudah dikenal masyarakat kepulauan Nusantara, dari Sumatra hingga Papua sejak paling tidak 2500 tahun yang lalu. Diketahui, Gambir merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses di perut dan usus. Fungsi lainnya adalah sebagai campuran obat, seperti sebagai luka bakar, obat sakit kepala, obat diare, obat disentri, obat kumur-kumur, obat sariawan, serta obat sakit kulit (dibalurkan).

Gambirmemiliki sifat khas pahit dan kelat. Gambir juga memiliki khasiat astringen dan hemostatik. Gambir juga dikenal mampu mengurangi gangguan mulut dan tenggorokan, suara parau, dan sariawan mulut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tips berikut ini;

  1. Siapkan satu biji gambir dan tiga lembar daun sirih.
  2. Panaskan air kurang lebih 150 ml.
  3. Masukkan gambir dan daun sirih ke dalam air yang dipanaskan.
  4. Tunggu sampai mendidih lalu tuang ke dalam gelas dengan disaring.
  5. Kemudian gunakan sebagai obat kumur dengan dosis dua (2) kali sehari, pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Lakukan hal tersebut hingga penyakitnya sembuh. Untuk kondisi yang ekstrim, butuh waktu kurang lebih tujuh hari.

Sebuah penelitian pada 1989 yang dilakukan oleh Zulfadli dari Tim Fakultas Farmasi, FMIPA UNAND juga menyebutkan bahwa uji mikrobiologi ekstrak daun dan ranting gambir terhadap beberapa bakteri penyebab diare secara in vitro, ternyata menunjukkan bahwa ekstrak daun dan ranting gambir dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare. Getah Gambir juga dapat digunakan untuk terapi penyakit maag.

Dan tips untuk mengobati diare atau mencret-mencret dapat dilakukan langkah-langkah berikut.

Bahan yang disiapkan:

  1. Siapkan gambir satu potong.
  2. Kunyit satu potong.
  3. Segenggam herba patikan cina segar.

Cara pakai:

  1. Campurkan bahan-bahan ke dalam air sebanyak 110 ml.
  2. Panaskan hingga mendidih.
  3. Setelah matang, minum dengan dosis satu kali sehari 100 ml. Diulang selama 3 hari.

Pengawet Herbal

Dengan semakin meningkatnya penggunaan bahan pengawet sintetis makanan yang dapat menimbulkan masalah kesehatan mendorong banyak pihak untuk mencari bahan pengawet alternative.

Ternyata, selain dapat menjadi obat dari beberapa penyakit tersebut diatas, Gambir juga dapat menjadi pengawet alternative yang aman bagi kesehatan.

Tim mahasiswa Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor menemukan manfaat tanaman Gambir sebagai pengawet alami Tahu. Mereka menguji efektifitas katekin dari daun Gambir sebagai bahan alternative untuk mengawetkan Tahu di Kabupaten Bogor. Cara pengawetannya pun termasuk gampang yaitu dengan cara merebus 10 lembar daun Gambir dengan satu liter air hingga volume setelah direbus menjadi setengahnya, dan air tersebut dapat digunakan untuk perendaman tahu.

Selain sebagai pengawet herbal, Gambir juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Diantaranya dapat membantu mengurangi noda-noda bekas jerawat pada wajah dengan menjadikannya sebagai masker. Larutkan ekstrak getah Gambir kedalam air hangat sedikit saja, sehingga Gambir menjadi mengental kemudian oleskan kewajah yang memiliki noda-noda secara merata. Dengan melakukan hal ini dapat membuat kulit wajah lebih halus dan bersih.[]

About these ads

8 comments on “Gambir dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan

  1. dengan harga gambir menurun membuat keadaan ekonomi dikampung saya menurun…………… petani gambir semua mengeluh….. dikampung kami hanya ada dua mata pencaharian… gambir dan karet….. sekarang dua2 nya menurun….

  2. bapak/ibu : kami dari gurubanua group .dalam rencana kedepan akan memmbuka perkebunan gambir, dan pertama kami akan menanam sekitar 10 hektar di daerah sumbul kabupaten dairi sumatera utara .Dilihat dari perkembangan dan riset yang kami lakukan bahwa tanaman ini subur dan dan berdaun lebat ditempat ini .Lahan suda tersedia tapi mengenai pemasarankami masih bingung . Jd kami minta bantuan Bapak / Ibu sekiranya sudi memberikan info dan bantuan …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s